Jumat, 06 Juli 2012

Palak Babi


Apa yang ada di benak kalian begitu membaca judul di atas?? Apakah kalian berfikir itu salah satu bagian binatang? Atau sebuah nama tempat?

Tidak, itu bukan dari hal-hal di atas, itu sebuah permainan anak-anak di daerahku. Mungkin di daerah lain, permainan ini mempunyai namanya sendiri. Namun yang pasti di daerahku, Bengkulu permainan itu disebut dengan “Palak Babi”. Permainan yang biasanya dimainkan oleh anak laki-laki ini cukup berbahaya, karena menggunakan kayu.

Ada dua buah kayu yang dipakai, kayu yang satu lebih pendek dari kayu yang lainnya. Kayu yang panjang digunakan untuk melempar kayu yang lebih pendek. Setiap kali kelompok yang menjaga dapat menangkap kayu pendek itu, mereka dapat poin. Poin itu menurut cara mereka menangkap. Menangkap dengan tangan kanan nilainya 10, tangan kiri 15, dan dua tangan 5 point. Nah bagi kelompok yang main akan mendapat nilai jika mampu melempar kayu pendek yang tak mampu kelompok jaga tangkap. Nilainya berdasarkan berapa jauh jarak kayu jatuh ke lobang, yang diukur dengan panjang kayu pendek itu. Permainan ini, membutuhkan kekompakkan dan saling percaya antar anggota kelompok. Disarankan untuk memainkannya di lapangan terbuka ya.


Semangat amat nih ya....




Bersiap melempar si kayu


Apa yang lucu dek???

 Ini juga ada Videonya. Saksikan ya, jangan sampai enggak! OKE?!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar